PERBEDAAN DEFINISI BENDUNGAN BENDUNG EMBUNG


BENDUNGAN, BENDUNG, EMBUNG



Bendungan, Bendung, Embung merupakan bangunan yang sangat umum kita temukan saat ini, banyak masyarakat yang keliru dalam membedakan serta menyebut bangunan tersebut, ada banyak pendapat terkait hal tersebut, namun pada artikel ini akan dijelaskan mengenai fungsi dan definisi pada tiap-tiap bangunan tersebut.

1.    Bendungan

Menurut Kementerian Pekerjaan Umum Indonesia mendefinisikan bendungan sebagai "bangunan yang berupa tanahbatubeton, atau pasangan batu yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat juga dibangun untuk menampung limbah tambang atau lumpur (Wikipedia.com)



Bendungan Jati Gede (https://www.kppip.go.id)



2.    Bendung
Bendung adalah pembatas yang dibangun melintasi sungai yang dibangun untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Dalam banyak kasus, bendung merupakan sebuah kontruksi yang jauh lebih kecil dari bendungan yang menyebabkan air menggenang membentuk kolam tetapi mampu melewati bagian atas bendung. Bendung mengizinkan air meluap melewati bagian atasnya sehingga aliran air tetap ada dan dalam debit yang sama bahkan sebelum sungai dibendung. Bendung bermanfaat untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, dan memperlambat aliran sungai sehingga menjadikan sungai lebih mudah dilalui. (Wikipedia.com)
Bendung karau, Barito Timur, kalimantan tengah (2016)

3.    Embung
Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetikahingga pengairan. Embung menampung air hujan di musim hujan dan lalu digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau. (Wikipedia.com)


https://static.republika.co.id/


Dari semua penjelasan diatas sebenarnya masih banyak sumber yang memberikan pengertian yang juga berbeda, oleh karena itu berdasarkan pengalaman, dan pengetahuan pribadi penulis, dibuatlah tabel sebagai berikut:



                                        Sumber : Ide pribadi (2020)


Comments