ILMU PENGAIRAN



ILMU PENGAIRAN(by : rudyanggara@gmail.com, Bantul, DIY)


Ilmu Pengairan adalah salah satu cabang ilmu teknik sipil yang membahas tentang pengelolaan sumber daya air, baik untuk irigasi, air baku, pantai dsb. Cakupan ilmu ini sendiri cukup luas, namun pada intinya ilmu ini sering dipakai para insinyur/praktisi untuk membangun bangunan yang berkaitan langsung dengan pengelolaan sumber daya air contohnya, seperti :

1. Bendungan

Bendungan hoover (https://www.usbr.gov/lc/hooverdam/)

2. Bendung
Bendung Senggrikan, Magelang

3. Check Dam
https://www.youtube.com/watch?v=0Fep4uFZSgg

4. Sabo Dam
http://elearning.litbang.pu.go.id/teknologi/sabodam-modular

5. Embung

Embung Jurangjero, Blora


Selain hal yang umum disebut seperti diatas, ilmu pengairan juga terkadang berurusan dengan hal seperti pemipaan, air baku, Perkuatan lereng sungai dsb.

Pada dasarnya ilmu pengairan memang merupakan salah satu cabang ilmu yang pokok(primer) dalam menunjang peradaban umat manusia, karena tidak mungkin ada sebuah peradaban tanpa adanya air, manusia akan sulit bila air yang merupakan kebutuhan pokoknya tidak terpenuhi.

Beberapa bidang ilmu yang juga berkaitan/menunjang ilmu pengairan diantaranya sebagai berikut :

1. Pertanian
2. Iklim (Klimatologi)
3. Geodesi
4. Kelautan

Bidang ilmu yang ada diatas tersebut, sangat dibutuhkan dalam ilmu pengairan, hal ini dikarenakan beberapa data seperti kecepatan angin, suhu, curah hujan, jadwal penanaman, kebutuhan air pada tanaman, memang mempengaruhi dalam mendesain, serta pengambilan keputusan terkait desain pengairan,

Comments