Sedikit Celotehan Mengenai BIM

 

Halo sobat Matasipil dan para Civil Engineer yang ada diseluruh Indonesia

      Beberapa tahun belakangan ini perkembangan BIM di dunia konstruksi negara kita saat ini sudah cukup banyak berkembang, Admin pun sering mendapat beberapa pertanyaan ataupun Request terkait file - file, serta data proyek yang menggunakan software BIM seperti Revit, Tekla, Civil3D dsb..

Well jujur saja hal tersebut bagi Saya pribadi masih sangatlah baru, perlu diketahui sebelum software/ program - program Revit, Tekla dan Civil3D cukup trending hingga saat ini, teknik drawing yang digunakan hanyalah sebagai media desain konstruksi dalam bentuk gambar 2D & 3D, dan umumnya menggunakan program AutoCAD dan Sketchup.

Saya sendiri mengenal program AutoCAD pada tahun 2010 pada saat saya masih kuliah dan yang saya gunakan adalah AutoCAD versi 2007, hal tersebut terus berlanjut hingga saya bekerja bahkan hingga tahun 2016, barulah setelah itu saya mengganti Versi AutoCAD saya ke versi 2016.

Pada tahun 2016 itu juga saya mendapat pelatihan AutoCAD Land Desktop, salah satu program AutoDesk sebelum mengeluarkan /rilis Civil3D. 

Dan pada tahun 2023 ini, saya baru mulai mencoba mempelajari revit, dan jujur saja mungkin ini program tersulit yang saya coba pahami secara Autodidak, Kemudahan dalam detailing gambar, menampilkan volume material ataupun pekerjaan, mengedit layout dalam satu tampilan, sunggu sangat mempermudah para desain engineer, yang tidak mudah mungkin spek komputernya saja, hahaha.

Bagi saya program ini tidak jauh beda seperti membangun infrastruktur dan bangunan dari awal hingga berdiri secara utuh dan mendetail, yang berbeda hanyalah dunianya saja,satu didunia nyata (Real On Site), satunya didunia Maya (Software Layout)


Hingga beberapa saat berlalu, mengalami banyak proyek, melewati banyak problem, saya juga sadar akkan suatu hal, program - program ini juga tidak berarti banyak bila kita tidak mengerti konsep dasar dari suatu analisis, pembebanan, desain dan hal lain terkait kaidah teknik lainnya. Banyak sekali para tukang ataupun mandor senior mereka modal hitungan dan coretan diatas kertas, namun mereka membangun dan menghasilkan karya lebih banyak.


Ya, Teknik Sipil bukan hanya masalah desain ataupun gambar serta permodelan yang bagus, Bisa banyak Program memang cukup membanggakan, namun hal tersebut tidak terlalu berarti hingga model yang sudah kita buat secara detail di dunia maya, sudah terbangun dan teruji di dunia nyata.


Pengawas Proyek Sedang Mengawasi Proses Pemancangan Sheetpile







 

Comments